Oleh: mulyadicahdekan | Agustus 10, 2010

SEPEDA SANTAI

MERIAH,SEHAT, KREATIF, INOVATIF DAN Ramah lingkungan. Demikian kata hatiku ketika menyaksikan arak -arakan sepeda santai yang dimotori oleh WMS SMA 1 Dusun Tengah Senin sore kemarin. Kegiatan yang diikuti sebagian besar siswa SD, SMP dan SMA itu cukup menyedot penonton, terbukti sepanjang jalan rute yg dilewati yakni SMA_ Terminal – Halaman Kecamatan penuh dg penonton yg antusis thd kegiatan ini. semoga kegiatan serupa semakin digalakkan diwaktu mendatang mengingat kebiasaan bersepeda ONTEL ini mulai tergeser dengan Ber MOTOR RIA akibatnya jalan semakin padat , udara semikin terpolusi.

Iklan
Oleh: mulyadicahdekan | Mei 29, 2010

PEMILIHAN DUTA WISATA KALTENG 2010

DUTA WISATA BARTIM

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang tahun ke -53 Kalteng Pada tahun 2010 . Pemerintah Barito Timur mengirimkan DUTA WISATANYA yakni MURRAYA PUTRI PALUPI dan SANDRO .

Pasalnya dalam acara tersebut dilangsungkan Ajang yg paling bergengsi  untuk kawula Muda , yakni Pemilihan Duta Wisata kalteng tahun 2010,.

Kegiatan di penilaian Diawali dari Masa karantina yg diikuti oleh kontestan di Hotel LUANSA Palangkaraya, di Hotel berbintang 3 inilah mereka melakukan kegiatan KOREOGRAFI, TABLEMANNER.  dll. plus Anjang Sana keberbagi tempat.

Setelah 3 hari melalui masa KARANTINA dan UNJUK BAKAT akhirnya  dilapangan SANAMAN  MANTIKAI  Palangkaraya  dilakukan PENOBATAN kepada para Kontestan.

Dari seluruh Perwakilan Kabupaten /Kota yang ada di Propinsi Kalteng Akhirnya Kontestan yg merupakan Siswi SMA Negeri 1 Dusun Tengah Ampah ,Kabuputen Barito Timur kelas XI IPA 2 ini berhasil dinobatkan sebagai PUTRI FAVORIT KALTENG Tahun 2010.

Kontestan TERMUDA dan penyandang Gelar BU LURAH dalam masa Karantinanya ini memperoleh POLLING terbanyak dibanding kontestan yg lain. dengan dukungan SANDRO yg juga Pelajar SMA N 1 Ampah yg memperoleh predikat  FOTOGENIC terbaik maka BARTIM memboyong 2 Tropi dalam Ajang bergengsi  FBIM ( Festival Budaya Isen Mulang )tersebut.

Oleh: mulyadicahdekan | Mei 23, 2010

KEBO NYUSU GUDEL

DUTA WISATA

Anak polah bopo kepradah itulah pepatah para sesepuh tempoe doeloe ( sebagai orang tua ada kalanya harus mengikuti kemauan anak)  tentu untuk hal – hal yg positip  . mungkin tidak jamannya lagi kalau orang tua memaksakan kehendaknya terhadap anak. Bulan Mei  sianak ikutan Pemilihan DUTA WISATA Prop. Kalteng dan rencana Akhir Juni 2010 nanti akan ikut jambore LIPI di Bangka Belitung ini atas Dukungan bapak / Ibu Guru  SMA 1 Dusun Tengah( makasih pak Budi yg telah membimbing ). sebagai Orang tua ya… berusaha mendukung segalanya terutama Doa tentunya semoga apa yg diperoleh akan berguna bagi dirinya dan bagi oranglain.

Oleh: mulyadicahdekan | Mei 22, 2010

POSTING

AH…..  ada yang lupa tadi, itulah kata yang sering kukatakan ketika aku belajar posting karena  udah dua kali kucoba belajar posting ternyata ada aja  langkah yang ketinggalan. untungnya saat itu sedang  ada pertemuan bloger Ampah akhirnya aku dibimbimg langkah langkah dalam posting ternyata sbb.

1.menyiapkan foto yang akan disisipkan ke teks ( foto sebaiknya dicompress dulu )dg cara:

– membuka foto dg microsof office manager,lalu edit foto, ceklis pada compres picture,lalu ceklis web pages     dan save as pada lokal yang diinginkan misalnya pada my picture

2. menulis teks

buka dasborku lalu klik pada tulisan tambah baru pada lembar kerja tersedia  lembar untuk judul dan lembar untuk naskah,

3.setelah teks jadi lalu letakkan kursor pada tempat yang kan kita letakkan foto, lalu klik pada simbol disebelah unggah/sisipkan kemudian kilk pada pilih berkas ( memilih foto yg akan di sisipkan yaitu foto yang telah dicompress  pada langkah pertam tadi) klik open foto tadi

4. tentukan kategori tulisan tadi dengan memberi  tanda ceklis pada kategori yg diinginkan

5.klik pada sisipkan ketulisan

6. klik terbitkan .dg demikian tulisan kita sudah terposting

Oleh: mulyadicahdekan | Mei 22, 2010

UJIAN ULANG SMP N 1 AMPAH

ujian ulang

Senin 17 Mei 2010  ujian ulang smp bagi siswa yang belum lulus mulai digelar hingga kamis 20 Mei 2010, 16 peserta dari smp 1 Ampah dan 5 peserta dari smp terbuka dengan penuh konsentrasi mengerjakan soal unas ulang hari pertama Bahasa Inggris dan tuk hari berikutnya berturut- turut Bahasa indonesia, matematika dan hari terakhir ipa. Hasil Ujian ulang ini menurut rencana akan diumumkan tgl 25  Juni  2010 yang akan datang

Oleh: mulyadicahdekan | Mei 22, 2010

KELULUSAN SMPN 1 AMPAH

DETIK - DETIK KELULUSAN

Setelah satu hari tertunda kelulusan SMP N 1 Dusun Tengah akhirnya diumumkan pada tgl 8 Mei 2010. Pengumuman diawali dengan Pesan – Pesan Kepsek, Diantaranya Bapak ibu guru dan para siswa telah berusaha keras dalam mempersiapkan diri menghadapi Unas Namun ternyata keberhasilan siswa belum sepenuhnya sesuai dengan harapan kita bersama oleh karena itu bagi siswa yang lulus dalam mensyukurinya janganlah terlalu berlebihan dan hendaknya lakukan dengan cara – cara yg positip , sebaliknya bagi yg belum lulus jangan terlalu bersedih karena masih ada kesempatan ujian ulang.
dari 187 peserta ujian ternyata yg dinyatakan lulus 165 ( 91,16%) dan 16 peserta dinyatakan ujian ulang,

Sedangkan untuk SMP terbuka dar 8  peserta yg lulus hanya 3  ( 37,5 %) sedangkan 5 siswa harus ujian ulang

Oleh: mulyadicahdekan | Juni 22, 2009

pengumuman unas smp ditunda

seiring dengan detak jarum jam yang meniti dari detik kedetik. detak jantung para siswa smp pun berbunyi semakin keras dalam menanti pengumuman hasil ujian nasional , rasa dak dik – duk itupun semakin keras ketika tanggal udah mendekati 20 Juni 2009 , pasalnya menurut rencana Kelulusan SMP akan diumumkan pada hari tersebut.EEEE… ternyata hari Sabtu pada tanggal tersebut Sekolah memperoleh informasi bahwa Pengumuman ditunda dan penundaan ini pun tdk jelas sampai kapan. Padahal Orang tua siswa dan siswa pagi – pagi itu dengan semangatnya datang memenuhi undangan sekolah tuk nerima pengumuman, namun setelah menerima penjelasan sekolah mereka kembali pulang dengan langkah agak lunglai dan mungkin perasaannya pun agak kecewa .aduh… aduh ini menunjukkan BSNP semakin mundur ataukah karena kerjanya yang super hati, jeli dan teliti ?
Orang bijak mengatakan”manusia hanya mampu merencanakan dan Tuhanlah yang menentukan.
ataukah memang BSNP( Badan Standart Nasional Pendidikan ) dalam hal ini yang punya otoritas dalam melaksanakan UN punya slogan Alon – alon asal kelakon ? atau BNSP selalu ingat pesan nenek ” Sabar – sabar wong sabar iku subur ”

Oleh: mulyadicahdekan | April 18, 2009

TUYUL GUNDUL

Secara umum seseorang memangkas atau memotong rambut dg tujuan untuk merapikan, memperindah , atau sekedar mengikuti mode yg sedang ngetrend, namun dibeberapa tempat diwilayah Indonesia memotong rambut ternyata punya makna dan tujuan yg lebih dari itu .Oleh Karena itu kadang dalam pemotongan rambut oleh kalangan tertentu dilakukan melalui ritual tertentu .
Didaerah Wonosobo Jawa Tengah pemotongan Rambut pada anak yang berrambut gimbal dilakukan melalui ritual yang disebut dg RUWATAN dan pemotongan ini pun punya makna khusus yakni diantaranya untuk menghilangkan semua bentuk kesialan sianak karena masyarakat mempercayai bahwa jika tdk dilakukan pemotongan rambut anak tersebut akan mendapatkan kendala, penyakit dan bahaya
Didaerah Ampah Barito Timur Pemotongan rambut pada Bayi juga dilakukan melalui ritual khusus biasanya disertai dg pemberian nama kepada si jabang bayi oleh Masyaratat di Ampah peristiwa ini disebut TASMIYAHAN, Peristiwa ini dimaknai sebagai ungkapan rasa Syukur kepada Sang Pencipta yang telah menganugerahkan Sang Jabang bayi kepada keluarga tersebut.makanya kalau diundang tasmiyahan harus datang karena ada makan – makannya juga lho…
Bahkan ada Caleg atau Simpatisan Caleg yang merasa lolos dalam Pil Leg tahun 2009 ini mereka ber PLONCO ria alias PLONTOS alias PENGGUNDULAN ini pun dimaksud kan sebagai ungkapan Rasa Syukur atas kesuksesannya dalam“ mencuri” simpati rakyat ( tapi ingat pesan SIMBAH ya..nanti setelah duduk kursi empuk jangan biasa MLONTOS uang Negara ya NAKKKK…… )
Berbeda lagi dengan Pencukuran siswa SMP 1 Dusun Tengah yang dilakukan oleh Para Umar Bakri nya. Pencukuran ini bukan sebagai ungkapan rasa syukur atau membuang sial tetapi ini merupakan tindakan YANG MENDIDIK kepada para siswa laki – laki yang rambutnya panjang alias Gondrong dan yang modelnya amburadul.apalagi yang rambutnya dicat ( disemir ) jangan harap lolos dari Razia.( semoga aja Kak SETO MULYADI alias KOMNAS perlindungan anak setuju dengan ini ) Suwer.. Pokok nya ini semata agar anak selalu tampil rapi itu aja kok repot…. BUKANKAH RAPI JUGA MERUPAKAN BAGIAN SOPAN SANTUN ?.
Namun yang delematis ada aja anak yang neko – neko eee.. yang gondrong dirazia langsung dipangkas kok hari berikutnya justru ada yang PLONTOS alias GUNDUL alias PLONCO seperti TUYUL, tambah jalanya pun malah MEGAL- MEGOL , jadinya bingung nih gimana cara ngatasi ?

Oleh: mulyadicahdekan | April 11, 2009

MGMP TIK

Sabtu ini aku mulai memperoleh pencerahan ttg nulis diblog, walau pikiran dan bayangku masih dalam suasana  agak kurang konsentrasi  sebab kemarin aku agak jenuh nunggu di tps tuk nyontreng alias turut berpesta demokrasi.  eee… kok pagi ini pak budi dari SMA ampah   datang di smp 1 ampah ,seperti biasanya tiap sabtu membawa kami belajar ngeblog, jadi ya lumayan pagi ini aku dapat tambahan ilmu . gratisss lagi….. karena sayang kan .. wong sudah ada perpus multimedianya kok tidak dimaksimalkan.. makasih yaa pak budi atas jasanya….. semoga diterima yang …………………

tuk  guru- guru di bartim bagi dong ilmunya dengan saya supaya tambah besar amalnya. trims

Kategori